My First Bibimbap ♥

Bibimbap adalah masakan Korea berupa semangkuk nasi putih dengan lauk di atasnya berupa sayur-sayuran, daging sapi, telur, dan saus pedas gochujang. Namanya secara harafiah berarti "nasi campur" yang berasal dari kata 비빔 (campur) dan 밥 (nasi). Sebelum dimakan, nasi dan lauk diaduk menjadi satu.

Bibimbap memiliki variasi yang banyak menurut daerahnya di Korea. Kota Jeonju di Jeolla Utara adalah kota asal variasi bibimbap daerah yang paling terkenal di Korea. "Jeonju bibimbap" (nasi campur Jeonju) merupakan bibimbap yang berisi lauk pauk yang paling banyak di Korea. (Wikipedia)

Google : bibimbap

Setelah mendapatkan saus gochujang (beli online) yang tidak mengandung alkohol, akhirnya (untuk pertama kali) aku  bikin bibimbap jugaaa!!

Ternyata memasaknya cukup mudah, dan tidak memakan waktu lama.

Disini, aku akan share resep bibimbap yang aku buat, resep gabungan dari maangchi dan juga dbento, sekalian kita belajar sedikit bahasa korea bersama-sama yaa !! (Bagi kamu yang belum bisa baca tulisan korea, bisa mampir  dulu ke postingan-ku dengan judul:  pengenalan hangeul/alphabet korea)

Yuk langsung mulai masaaak !!

Bahan-bahan :


Nasi matang
Tauge
Paprika
Wortel
Zuccini
Telur 1 butir
Ikan salmon kaleng
Biji wijen
Minyak wijen
Garam
Daun bawang (optional)
Bawang putih (optional)
Kecap asin (Aku pakai ABC)
Gochujang/Pasta cabai korea (Wajib ada)




Cara membuat:


*Rebus tauge hingga cukup matang (tiriskan, campur dengan sedikit minyak wijen, biji wijen, garam & sedikit bawang putih halus). Sisakan sedikit tauge beserta kuahnya yang sudah diberi garam dan daun bawang untuk sup tauge.

*Iris wortel, paprika & zuccini tipis dan memanjang (seperti korek api), lumuri dengan garam secukupnya, lalu biarkan sebentar sampai agak berair...setelah itu tumis diatas api hingga matang secara terpisah.

*Iris halus daun bawang

*Tumis salmon kaleng sebentar

*Ceplok 1 butir telur ayam

*Campurkan saus gochujang dengan kecap asin, minyak wijen & biji wijen

Platting :

Ambil nasi secukupnya dan taruh di mangkuk, berikan sayuran-sayuran & salmon di atas nasi secara melingkar dan berurutan.

(Di mangkuk kedua taruh telur ceplok sebagai ganti dari salmon)

Beri saus gochujang dan daun bawang.

Taburi dengan biji wijen.

Hidangkan bibimbap dengan sup tauge. Campur nasi dan lauk jadi satu sebelum dimakan. 


Alhamdulillah nikmaaat! Mirip gado-gado sih sebenarnya, bedanya bibimbap pakai gochujang, bukan sambal kacang. Jadi rasanya asam pedas manis asin jadi satu!

Sesuaikan lauk dengan selera dan kreatifitas kamu, yang terpenting dari bibimbap adalah saus gochujang nya. Jika tidak ada gochujang, bisa buat sendiri dengan bahan yang tersedia di rumah, resepnya bisa kamu lihat di google atau di blog dbento (yang sudah aku beri link) di atas.

Sebenarnya aku pernah coba buat gochujang sendiri, karena gagal jadi maaf ya aku tidak berbagi resepnya. Hehehe

Sekian dan selamat mencoba!


Posting Komentar

 

Copyright © a Pleasure | Powered by Blogger | Template by 54BLOGGER | Fixed by Free Blogger Templates