Satu Huruf Yang Fatal


Memperhatikan panjang-pendek saat membaca Al-Qur'an itu sangatlah penting.

Oleh karena itu membaca lambat tetapi benar tajwid nya, lebih baik daripada cepat tetapi berantakan.

Tahukah kamu, kesalahan kecil pun bisa berdampak besar bagi makna ayat.

Seperti contoh di bawah ini:

Huruf لَا (Laa..dibaca panjang) artinya adalah "tidak/bukan", ia merupakan huruf naafi/peniadaan.

Jika kita TIDAK DIBACA PANJANG, maka menjadi لَ (La..dibaca pendek) artinya adalah "benar-benar" atau "sungguh-sungguh", ia merupakan huruf tawkid/penekanan.

Hanya berbeda satu huruf (  ا : alif) tetapi maknanya sangat berlawanan.

Seperti pada akhir surat pendek yang kita hafal ini : ﴿إِنَّ رَبَّهُم بِهِم يَومَئِذٍ لَخَبيرٌ﴾ "Sesungguhnya Tuhan mereka pada hari itu Maha Mengetahui keadaan mereka." (QS.100: 11)

Jika لَ pada لَخَبيرٌ dibaca panjang maka akan menjadi kalimat negatif: "Sesungguhnya Tuhan mereka pada hari itu TIDAK Mengetahui keadaan mereka." Juga sebaliknya, seperti pada potongan ayat berikut : ﴿... وَاللَّهُ لَا يُحِبُّ المُفسِدِينَ﴾ "..dan Allah TIDAK menyukai orang-orang yang membuat kerusakan." (QS.5:64)

Jika لَا pada  لَا يُحِبُّ dibaca pendek maka artinya menjadi kalimat positif : "..dan Allah MENYUKAI orang-orang yang membuat kerusakan." Wah, serem banget kan kalau sampai bacanya terbalik? Apalagi jika itu berkaitan dengan hak Allah.
Mulai sekarang, yuk cek lagi panjang-pendek bacaan kita, belajar  tajwid dan makhroj lagii..supaya bacaan qur'an kita sesuai dengan makna nya.

Kita tahu, setiap huruf yang kita baca akan berbuah pahala, pasti kita ingin baca dengan baik dan benar kan?

Bagi yang belum lancar bacanya, jangan menyerah dan berhenti belajar, karena.. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Seorang yang lancar membaca Al Quran akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al Quran dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala” (HR. Muslim).

Lihat juga keutamaan membaca al-Qur'an supaya lebih semangat belajar! di sini!

Sekian♥

Posting Komentar

 

Copyright © a Pleasure | Powered by Blogger | Template by 54BLOGGER | Fixed by Free Blogger Templates