Pastel VS Molen

Siapa yang gak kenal jajanan pasar : molen dan pastel ?

Kue basah yang menjadi camilan favorit orang indonesia, molen renyah dengan pisang yang manis, juga pastel gurih dengan cabai rawit pedas menggigit..ah betapa lezatnya!

Ada kemiripan diantara dua kue ini, ada yang tau ??

Kemiripan itu ada pada kulitnya, cara membuatnya sama, hanya saja molen lebih cenderung manis dan pastel cenderung asin.

Bahan-bahan untuk membuatnya sangat mudah didapatkan di korea selatan, buat aku yang suka 'ngemil' -tapi tidak cukup dengan jajanan 'market' (karena kurang begitu sedep di lidah)- aku harus membuat berbagai macam, alhamdulillah Indonesia punya buanyak sekali macam jajanan basah dan diantaranya ada yang dapat dibuat di luar indonesia dikarenakan bahanya yang familiar dan gak ribet.

Salah duanya adalah molen dan pastel ini.

PASTEL

Ini adalah pengalaman pertamaku membuat pastel, setelah searching resep di cookpad juga nonton cara buatnya di youtube akhirnya aku putuskan untuk membuatnya.

Mau tau caranya ? yuk intip bareng-bareng πŸ˜€

Bahan kulit :
1/2 kg tepung terigu
3 sdm minyak goreng
secukupnya garam
secukupnya air

Bahan isi* :
kentang dan wortel dipotong dadu kecil
ayam suwir (pilihan)
telur rebus (pilihan)
bihun (pilihan)
bawang bombay
bawang putih cincang
daun bawang
merica, garam, gula pasir secukupnya
(semuanya ditumis dan biarkan suhu ruangan)

*itu kalau mau perfect yaa

Kemarin aku hanya pake kentang dan wortel, karena pengen mencoba dari isian dasar.
dan sayangnya aku lupa bawang bombay, aku pikir cukup dengan bawang putih, ternyata kurang mantap sedikit.

Dan sepertinya aku kurang memberikan minyak pada adonan, mungkin harusnya lebih dari 3 sdm  entah kenapa adonanya aloot banget, dan lentur banget, jadi susah untuk digiling dengan roll kayu.

Alhasil aku membuat adonan bulat2 tipis untuk kulitnya dengan sepenuh tenaga, waktu itu jadi sekitar 20 biji dengan ukuran sedang, huff ga kebayang capenya.

Setelah di isi lalu aku goreng dengan api yang tidak panas untuk mengindari 'kulit kodok' alias bergerindil dan tidak mulus.

Alhamdulillah hasilnya tidak begitu mengecewakan, karena hasilnya banyak, aku goreng setengah matang dan aku simpan di kulkas (bukan freezer) dan besoknya aku nikmati lagi dan rasanya masih tetap enakπŸ’œ

Tetapi menurutku ini belum dibilang berhasil, karena proses menggiling kulitnya sangat berat dan juga hasil akhirnya tidak 'sempurna' dalam hal bentuk dan juga rasa. Aku kasih nilai 7 dari 10 untuk psatelku yang pertama.

MOLEN

Hari ini aku mencoba bikin molen untuk camilan sore/malam.

Bahan kulit:
1/2 kg tepung terigu
3 sdm butter
1/2 sdt vanili bubuk
1/2 sdt garam
100 gr gula halus (sisa taburan donat kentang)
air secukupnya

Bahan isi:
2 buah pisang saba frozen ukuran besar
nutella
keju slice dipotong2 sesuai selera


Aku campur bahan kulit dengan menggunakan sendok (awalnya) setelah tercampur aku uleni dengan tangan, [jika dirasa masih lengket bisa ditambahkan terigu].

Aku sangat senaang karena hasil adonan sangat halus dan wangi (dari vanili), sangat mudah dibentuk, hampir tidak mengeluarkan tenaga sedikitpun πŸ˜‹

Aku buat 3 varian rasa, original alias pisang doang, pisang nutella, dan pisang keju.
Awalnya aku buat 3 biji dan aku goreng, lalu aku cicipi, setelah dirasa pas dan 'aman' aku lanjutkan hingga adonan dan isian habis.

Oya, saat membentuk molen pastikan isian tertutup rapat agar tidak 'mencuat' saat digoreng, sehingga hasilnya rapih dan cantik.
ujung molen kurang ditekan jadinya begitu deh πŸ˜†

Ahh senangnya 😍 Alhamdulillah. kulitnya itulooh renyah plus wangi butter, jadi enak banget.
Aku kasih nilai 9 dari 10 untuk molenku yang kedua, karena molen pertamaku aku buat saat di kosan dulu di Jakarta, tetapi hasilnya parah!!... isi dan kulit terpisah setelah digoreng, cara membentuk molenya juga aneh karena belum ada bayangan sebelumnya, so mungkin nilainya 5 dari 10 πŸ’”

Jadi, kedepanya aku bisa coba buat pastel lagi dengan adonan yang 'berhasil' dan dengan isian yang lebih lengkap.

Oya, karena disini ga ada cabe rawit, jadi aku makan pastel pake saos sambal kecintaan. Mancap juga rasanya.

Segini dulu yaa..
Semoga yang masih gagal dalam membuat pastel atau molen, tidak putus asa dan bisa terus mencoba, insya Allah usahanya tidak sia-sia.

Posting Komentar

 

Copyright © a Pleasure | Powered by Blogger | Template by 54BLOGGER | Fixed by Free Blogger Templates